Pages

22 February 2014

Pileg dan Pilgub Lampung Dilaksanakan Serentak

SETELAH dilanda ketidakpastian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pemilihan gubernur (pilgub) Lampung dan pemilihan legislatif akan dilangsungkan secara bersamaan.

Pilgub Lampung yang seharusnya dilangsungkan pada 2013 terpaksa diundur pada 2014 karena faktor anggaran untuk pemilu kada yang baru pada saat ini.

“Sebenarnya tahun kemarin sudah didesain pemilunya seperti apa. Namun karena anggaran belum turun, jadi ditunda,“ ujar komisioner KPU Hadar Hafis Gumay di Kantor KPU, Jakarta, kemarin.

Sekilas info : Butuh rental mobil Lampung "

Menurut dia, pilihan dilakukan bersamaan karena waktu yang terlalu dekat dengan pemilihan legislatif. Menurut Hadar, akan aneh jika pemilu kada yang sudah direncanakan dilakukan setelah pemilu legislatif. Sebab, saat ini yang ditunggu ialah perpolitikan pencalonan legislatif.

“Nanti di TPS akan ada satu kotak suara dari APBD untuk pemilu kada dan ada empat kotak suara untuk pileg dari APBN,” jelasnya.

Terkait dengan hal itu, KPU Provinsi Lampung menyatakan tahapan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sekaligus pengundian nomor urut dijadwalkan berlangsung Sabtu, 22 Februari 2014.

Ko m i s i o n e r  K P U  P r o v i n s i  Lampung  Firman Seponada, di Bandar Lampung, kemarin, mengatakan penetapan tersebut dilakukan KPU setempat berdasarkan hasil rapat pleno 17 Februari 2014.

“Jumat malam tim dokter akan kerja lembur untuk merumuskan hasil tes kesehatan dan kejiwaan pasangan calon, dan Sabtu akan diserahkan ke KPU, sehingga pada sorenya bisa dilakukan penetapan calon,” kata dia pula.

Menyusul berlangsung pelaksanaan tes kesehatan dan kejiwaan yang digelar kemarin, KPU Lampung secara resmi juga mengumumkan jadwal pemungutan suara pilgub akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan pemilu legislatif 9 April 2014. (*/Ant/X-5/ Media Indonesia, 21/02/2014)

No comments:

Post a Comment